Waktu shalat Isya adalah sampai separuh malam

Waktu shalat Isya adalah sampai separuh malam

Waktu Shalat ‘Isya’ adalah sampai separuh malam



Allah SWT berfirman :



“Barangsiapa yang melalui batas – batas ketetapan Allah merekalah orang – orang yang aniaya” (QS Al Baqarah 229)





Nabi SAW bersabda :



“Wa waqtu shalaatil ‘isyaa-i ilaa nishfil laylil awsathi…” yang artinya “Waktu shalat ‘Isya’ hingga separuh malam pertengahan…” (HR. Muslim)



Hadits ini secara lengkap telah disebutkan dalam kitab Fiqhus Sunnah dan didukung oleh surat Umar bin Khaththab kepada Abu Musa Al Asy’ari : “… Dan shalat ‘Isya’lah diantara kamu dan seperti malam. Jika kamu akhirkan maka hingga separuh malam dan janganlah kamu termasuk orang – orang yang lalai” (HR Malik, Ath Thahawi dan Ibnu Hazm dengan sanad yang shahih)



Hadits ini sebagai bukti yang jelas bagi memanjangnya waktu ‘Isya’ hingga setengah malam saja. Dan ini yang benar. Oleh sebab itu pendapat ini dipilih oleh Asy Syaukani dalam ad Durar al Bahiyah. Beliau (Asy Syaukani) berkata : “… Dan waktu paling akhir bagi shalat ‘Isya’ ialah separuh malam”



Shadiq Hasan Khan mengikuti dalam Syarh kitab itu. Pendapat ini diriwayatkan dari Malik seperti disebutkan dalam Bidayah Al Mujtahid. Ini pilihan mayoritas pengikut Asy Syafi’i seperti Abu Sa’id al Ishakhri dan yang lainnya.



Maraji’:

Terjemah Tamamul Minnah, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani, Maktabah SP, Tegal, Cetakan Pertama, 2001, hal 169.

0 komentar:

Daftar Blog Saya

Pengikut

TRANSLATE INTO YOUR LANGUAGE